10 Ruang Tamu Kecil yang Juga Menyediakan Ruang untuk Meja Makan

Marlen adalah seorang penulis, penimbun barang antik, dan penggila donat. Jika Anda gemar mencari kedai taco terbaik di Chicago atau ingin membicarakan film Doris Day, maka menurutnya kencan minum kopi di sore hari adalah pilihan yang tepat.

Mulai dari memilih kursi secara selektif, hingga menemukan cara untuk menyusun furnitur secara bersamaan, ada beberapa cara untuk menata ruang makan. Berikut ini beberapa trik untuk menyediakan ruang bagi meja makan di ruang tamu kecil. Saatnya berkreasi.

  1. Manfaatkan dekorasi untuk menata ruang.

Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Jika ruang tamu Anda menyatu dengan dapur tetapi memiliki sekat dinding kecil, manfaatkan sekat tersebut. Tata ruang makan dengan aksen: gantung lampu gantung di atas meja, tambahkan cermin atau lukisan tepat di depan, dan masukkan meja bar kecil di sudut. Semua detail ini menandakan bahwa ini adalah ruang makan terpisah, dan bukan bagian dari ruang tamu.

  1. Jangan takut untuk menata furnitur berlapis.

Mentalitas umum untuk ruang kecil adalah “lebih sedikit lebih baik.” Namun, tidak selalu demikian. Jika Anda perlu menata meja makan, jangan takut untuk menata furnitur berlapis. Bagaimanapun, Anda perlu memanfaatkan ruang sebanyak mungkin. Meja makan persegi panjang ini terletak di dekat rak buku yang penuh dengan buku dan rak yang berfungsi sebagai tempat praktis untuk menggantung topi. Meja ini nyaman dan terlihat pas.

  1. Beri aksen dengan seni.

Agar ruang makan Anda tampak terpisah dari ruang tamu lainnya, cobalah menggantung bufet di dinding dan beri aksen dengan seni. Menggantung bufet akan menghemat tempat dan memberi Anda kesempatan untuk menambahkan dekorasi tambahan. Anda juga dapat menggunakan rak apung untuk menyimpan lauk pauk atau botol anggur selama pesta makan malam.

  1. Jangan Takut untuk Menghalangi Jendela
    Apakah Anda memiliki pintu balkon geser atau jendela besar? Jangan khawatir jika penataan ruang makan Anda sedikit menghalanginya—tidak akan terlihat aneh jika dilakukan dengan benar. Di sini, Heather menggunakan bangku rendah di samping yang menghalangi pintu balkon, sehingga halangannya minimal.
  2. Manfaatkan Sun Nook
    Jika Anda memiliki ruang yang sangat terbatas untuk meletakkan meja makan, pilih tempat yang terkena cahaya. Ciptakan sudut berjemur untuk pengalaman bersantap Anda dengan menyiapkan bangku-bangku tipis di sepanjang dinding (agar sesedikit mungkin memakan tempat), dan satu kursi di bagian luar.
  3. Gunakan Kursi Kompak
    Daripada memilih tempat duduk besar yang akan memperluas lingkar meja Anda, pilih tempat duduk yang dapat diselipkan dan memakan tempat seminimal mungkin. Kursi roda ini bagus karena dapat diselipkan di bawah meja, tetapi juga memberikan kesan dengan desain geometrisnya.
  4. Letakkan di Dekat Tangga
    Terkadang tidak ada tempat yang tepat untuk meletakkan meja Anda, jadi Anda harus kreatif. Thierry dan Peter membuktikan bahwa meletakkan meja kecil dengan bangku di dekat tangga adalah tempat yang kreatif untuk bersantap, tetapi juga terlihat pas.
  5. Gunakan Bangku Berbentuk L
    Singkirkan kursi dan gunakan bangku berbentuk L untuk mengurangi beban. Keluarga ini tinggal di rumah mungil dan mereka menggunakan meja bundar kecil untuk makan. Tidak hanya terlihat lapang dan luas, tetapi tidak ada yang terlihat sempit saat mereka duduk di dalamnya!
  6. Sentuh Perabotan Anda
    Saat Anda memiliki ruang kecil, Anda harus membiarkan diri Anda berkreasi dan melanggar beberapa aturan desain. Pemikiran umum adalah jika Anda memiliki perabotan yang saling bersentuhan, maka ruangan tersebut terlalu luas. Namun, itu tidak terjadi jika luas persegi yang terlibat terbatas. Di sini Devin dan Chad meletakkan unit rak mereka tepat di samping meja makan dan sofa mereka—tetapi ruangan tersebut tetap mengalir. Ruangan tersebut terlihat nyaman dan eklektik.
  7. Gunakan Karpet untuk Membuat Ruang Makan Terpisah
    Cara mudah untuk mengatakan “ini adalah ruang makan” adalah dengan menggunakan karpet untuk menandai ruang tersebut. Bersenang-senanglah dengan warna karpet untuk membuat ruangan kecil Anda menonjol.